Kamis, 23 April 2015

PERCOBAAN SEDERHANA PENGARUH GARAM TERHADAP ES

Garam merupakan zat yang terbentuk dari reaksi antara senyawa asam dengan basa. Reaksi asam basa ini sering disebut reaksi penggaraman. Garam memiliki pH = 7 sehingga bersifat netral. Nah, percobaan sains ini kita akan melihat bagaimana garam ini mempengaruhi proses mencair dan membekunya es.
Garam memiliki banyak sekali sifat, antara lain:
  1. Memiliki pH netral = 7
  2. Terbentuk dari sisa asam dan basa
  3. Rasanya asin
  4. Dapat pula menghantarkan listrik
Dalam konsep kimia, ada tiga jenis garam, yaitu:
  1. Garam yang bersifat asam, berasal dari asam kuat dan basa lemah.
  2. Garam yang bersifat basa, berasal dari asam lemah dan basa kuat.
  3. Garam yang bersifat netral, berasal dari asam kuat dan basa kuat.
Membeku merupakan perpindahan dari fase cair menuju padat. Sedangkan titik beku merupakan suhu saat tekanan uap cairan sama dengan tekanan uap padatnya. Larutan akan membeku lebih lama daripada pelarut. Setiap larutan memiliki titik beku yang berbeda.
Jika kita larutkan garam ke dalam air murni lalu suhunya kita turunkan sedikit demi sedikit, perlahan-lahan sebagian larutan akan berubah menjadi fase padat hingga pada suhu tertentu akan berubah menjadi padat seluruhnya.
Garam merupakan zat terlarut. Pada umumnya, zat terlarut lebih senang berada pada fase cair dibandingkan fase padat. Hal ini mengakibatkan pada proses pendinginan berlangsung larutan akan mempertahankan fase cairnya. Lebih banyak energi lagi yang dibutuhkan untuk mengubah larutan garam menjadi padat karena titik bekunya menjadi lebih rendah. Inilah sebabnya mengapa garam akan menurunkan titik beku larutannya.
Begitulah sifat sains, menarik untuk dipelajari. Untuk itu, mari kita melakukan percobaan sains sederhana: pengaruh garam pada es. Untuk mendalami materi sains ini, siapkan alat dan bahan yang terdiri dari es batu, benang, dan garam. Ikuti langkah berikut ini.

Langkah Percobaan Sains:

  1. Siapkan es batu ukuran kecil saja dan tidak terlalu berat. Intinya es jangan sampai memutuskan benang jika nanti diangkat.
  2. Letakkan benang di atas es batu.
  3. Taburkan garam sedikit saja ke atas es batu yang ada benangnya tadi,
  4. Tunggulah beberapa detik setelah es membeku.
  5. Angkatlah benang tadi dan lihat! Es batu terangkat oleh benang!
Mengapa ini bisa terjadi? Permukaan es batu memiliki sebuah selaput atau lapisan yang amat tipis. Lapisan ini akan mencair bila ditaburi garam. Hal ini akan menyebabkan terbentuknya lapisan garam dan air. Pada umumnya, titik beku air garam lebih rendah daripada titik beku air. Sebuah benda yang memiliki titik beku yang lebih rendah akan mudah membeku sehingga lapisan garam dengan cepat menjadi beku kembali dan benang pun ikut membeku. Benang yang ikut membeku akan membuat benang menempel pada es batu. Ketika benang diangkat, otomatis es batu pun ikut terangkat.
Untuk memperjelas langkah-langkahnya, yuk lihat percobaan sains di video ini. Nantikan percobaan-percobaan lainnya di BelajarMenyenangkan.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar