Rabu, 15 April 2015

PEDOMAN PENGISIAN FORMULIR PTK

PEDOMAN PENGISIAN FORMULIR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (F-PTK)
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR
1
 Pedoman Umum
1. Formulir disi dengan menggunakan ballpoint dan huruf kapital dan mudah dibaca
2. Formulir Pendidik dan Tenaga Kependidikan (F-PTK) diisi oleh masing-masing individu PTK dan bertanggungjawab terhadap
kebenaran isi formulir, selanjutnya dibubuhkan tandatangan PTK yang bersangkutan dan diketahui oleh kepala sekolah dengan cara
membubuhkan tandatangan kepala sekolah dan di cap/stempel sekolah.
3. Formulir yang terisi dikumpulkan di sekolah untuk selanjutnya diperiksa kebenarannya oleh pihak sekolah untuk di entry ke dalam
aplikasi sistem pendataan pendidikan dasar
 Pedoman Khusus
I. FORMULIR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (F-PTK)
Tanggal diisi pada saat pengisian formulir F-PTK dengan format tanggal (2 digit) / bulan (2 digit)/ tahun (4 digit)
1. IDENTITAS SEKOLAH
a. Nama sekolah diisi sesuai dengan SK Pendirian Sekolah.
b. Nomor Statistik Sekolah (NSS) diisi dengan nomor yang diberikan dari dinas kab/kota , NPSN diisi sesuai dengan nomor yang
ditetapkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan
c. Alamat sekolah cukup jelas
catatan : untuk pengawas tidak perlu mengisi poin a, b dan c
2. IDENTITAS PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
a. Nama lengkap diisi sesuai dengan nama di ijazah. Gelar akademis maupun status sosial seperti H. Hj. tidak perlu dituliskan
b. Jenis kelamin diisi sesuai pilihan 1 untuk laki-laki atau 2 untuk perempuan
c. Ijazah terakhir sesuai dengan pilihan 05, 06, 07, 08, 08, 10, 11 tahun diisi tahun kelulusan sesuai di ijazah
d. Gelar akademik belakang cukup di tulis gelar pendidikan yang terakhir jika linear, dan di tulis semua jika tidak linear.
e. NIY / NIGK diisi bagi yang sudah memiliki
f. NUPTK diisi bagi yang sudah memiliki
g. Tempat, tanggal lahir cukup jelas
h. NIK (Nomor Induk Kependudukan) diisi sesuai dengan NIK yang tertera pada KTP
i. Agama diisi sesuai pilihan 01, 02, 03, 04, 05, 06 atau 99
j. Status kawin diisi sesuai pilihan 1, 2 atau 3
k. Nama ibu kandung diisi sesuai nama gadis ibu kandung
l. Alamat tempat tinggal cukup jelas
m. Status kepegawaian diisi sesuai pilihan 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 atau 8
n. Status Aktif diisi sesuai pilihan 1, 2,3, 4, 5, 6, 7, 8 atau 99
o. Jabatan diisi sesuai dengan SK yang diperoleh
TMT di sekolah ini diisi sesuai dengan SK pengangkatan pertama bekerja di sekolah tersebut
Jabatan diisi sesuai pilihan 01, 02, 03, 04, 05, 06, 07, 08, 09 atau 10
Jabatan sebelumnya diisi sesuai pilihan 1, 2, 3 atau 4
Sertifikasi jabatan diisi sesuai pilihan 1, 2 atau 3
Tahun dan nommor sertifikat cukup jelas
p. Butir ini diisi hanya PTK yang berstatus sebagai PNS
NIP diisi sesuai dengan Nomor Induk Pegawai terbaru (18 digit)
TMT PNS diisi sesuai dengan SK Pengangkatan pertama menjadi PNS
Pangkat/golongan cukup jelas
TMT Golongan diisi sesuai dengan SK kenaikan pangkat/golongan terakhir
q. Butir ini hanya diisi oleh PTK yang berstatus guru yang sudah bersertifikasi.
Kode sertifikasi sesuai dengan tabel referensi bidang studi/mata pelajaran
r. Butir ini hanya diisi oleh PTK yang berstatus teknisi laboratorium atau laboran yang memiliki program keahlian
Kode sertifikasi sesuai dengan tabel referensi program keahlian
s. Butir ini hanya diisi oleh PTK yang berstatus kepala sekolah
Lisensi kepala sekolah diisi sesuai pilihan 1 atau 2
t. Butir ini hanya diisi oleh PTK yang berstatus pengawas sekolah
Jenjang kepengawasan dapat dipilih lebih dari satu dengan memberikan tanda silang (X) pada kotak pilihan
Kode pengawas rumpun diisi kode sesuai dengan tabel referensi kepengawasan
Kode pengawas maple diisi kode sesuai dengan tabel referensi bidang studi/mata pelajaran
Jumlah sekolah binaan cukup jelas
Mengikuti diklat kepengawasan diisi sesuai dengan pilihan 1 atau 2, jika memilih 2 (sudah) maka isi kotak dengan nama
instanasi penyelenggara diklat kepengawasan
3. MENGAJAR PADA SEKOLAH INI
- Kolom Rombel diisi dengan kode yang diberikan dari standarisasi tata usaha
- Kolom kode mata pelajaran kode sesuai dengan tabel referensi bidang studi/mata pelajaran
- Kolom Jumlah jam mengajar cukup jelas
PEDOMAN PENGISIAN FORMULIR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (F-PTK)
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR
2
4. MENGAJAR DI SEKOLAH/LEMBAGA PENDIDIKAN SAAT INI (KHUSUS PENDIDIK/GURU)
Masing-masing nomor diisi dua baris
- NPSN dan Nama Sekolah, untuk NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) diisi pada baris atas sesuai dengan NPSN sekolah
tersebut jika sudah memiliki, untuk Nama sekolah diisi pada baris bawah
- Sekolah induk diisi dengan menggunakan tanda silang (X) dan hanya dapat dipilih satu
- Rombel diisi sesuai dengan rombel yang dimiliki oleh sekolah tersebut contoh: VIII-8, 1-1, 9.I
- Status dan TMT, untuk Status diisi pada baris atas sesuai pilihan 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 atau 8, untuk TMT diisi sejak pertama kali
mengajar pada sekolah tersebut
- Kode mata pelajaran 1 dan 2 lihat pada kode referensi bidang studi/mata pelajaran pada baris atas, dan Jumlah jam ajar pada
baris bawah
5. RIWAYAT PENDIDIKAN FORMAL
Pendidikan formal diisi dari yang terendah sampai ke yang tertinggi dan dimulai sejak jenjang Sekolah Dasar (SD)
- Kolom Satuan Pendidikan Formal diisi dengan bentuk pendidikan contoh: SD, SMP, SMA, PT
- Kolom Fakultas hanya diisi untuk pendidikan tinggi
- Kolom Jurusan Prodi cukup jelas, jika jenjang pendidikan SD, SMP abaikan Jurusan/Prodi
- Kolom Kpd diisi dengan tanda silang (X) jika jurusan kependidikan
- Kolom Jenjang diisi dengan jenjang Jurusan/Prodi contoh: D1, D2, D3, S1, S2, S3
- Kolom Tahun Masuk diisi sesuai dengan tahun masuk pendidikan tersebut
- Kolom Tahun Lulus diisi sesuai dengan tahun lulus pendidikan tersebut, bagi PTK yang masih bersekolah maka abaikan tahun
lulus
6. RIWAYAT PENDIDIKAN NON FORMAL
Pendidikan non Formal pendidikan yang tidak terkait dengan formal contoh: Kursus
- Kolom Lembaga Pendidikan/Instansi cukup jelas
- Bidang Studi cukup jelas
- Tingkat cukup jelas
- Kolom Tahun Masuk diisi sesuai dengan tahun masuk pendidikan tersebut
- Kolom Tahun Lulus diisi sesuai dengan tahun lulus pendidikan tersebut, bagi PTK yang masih bersekolah maka abaikan tahun
lulus
7. RIWAYAT MENGAJAR SEBELUMNYA
- Kolom NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) diisi pada baris atas sesuai dengan NPSN sekolah tersebut jika sudah memiliki
- Kolom Nama Sekolah cukup jelas
- Kolom Masa Tugas Dari Tahun cukup jelas
- Kolom Masa Tugas Sampai cukup jelas
- Kolom Kode mata pelajaran lihat pada kode referensi bidang studi/mata pelajaran
- Kolom Jumlah jam cukup jelas
8. RIWAYAT PEKERJAAN (NON GURU)
Riwayat pekerjaan diisi dengan pekerjaan sebelum menjadi guru misal: sebelum menjadi guru menjadi tenaga administasi,
pegawai swasta, kepala sekolah, atau tni/polri dan lainnya
- Kolom Nama Instansi cukup jelas
- Kolom Masa Tugas cukup jelas
- Kolom Pekerjaan/Jabatan cukup jelas
- Kolom Beri Tanda jk msh aktif diisi dengan tanda silang (X)
9. KELUARGA
- Nama Suami/Istri cukup jelas
- Pekerjaan diisi sesuai dengan pilihan 1 atau 2, jika memilih 2 sebutkan NIP terbaru (18 digit) suami/istri
- Anak diisikan dengan tiga anak pertama pada usia sekolah (4-23 Tahun)
 Kolom Nama diisi sesuai dengan nama yang terdaftar pada sekolah
 Kolom NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) diisi sesuai yang diberikan oleh Kemdiknas, abaikan jika belum memiliki
 Kolom Status Anak diisi sesuai pilihan 1 untuk anak kandung atau 2 untuk anak tidak kandung
 Kolom Tempat Lahir cukup jelas
 Kolom Tanggal Lahir cukup jelas
 Kolom Jenjang Sekolah diisi dengan Bentuk Pendidikan contoh: TK, SD, SMP, SMA, SMK, PT
 Kolom Tahun Masuk Sekolah cukup jelas
10. KARYA TULIS
Karya tulis diisi jika PTK pernah membuat karya tulis yang disahkan oleh pejabat yang berwenang. Diisi berdasarkan urutan dari
tahun pertama sampai dengan terakhir
- Kolom Judul cukup jelas
- Tahun Pembuatan cukup jelas
- Publikasi cukup jelas
- Kolom keterangan cukup jelas
PEDOMAN PENGISIAN FORMULIR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (F-PTK)
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR
3
11. PENGEMBANGAN PROFESI
Pengembangan profesi diisi oleh PTK yang terdaftar pada Organisasi Profesi. Diisi berdasarkan urutan dari tahun pertama sampai
dengan terakhir
- Kolom Organisasi yang dimaksud adalah organisasi yang berkaitan denga profesi PTK
- Kolom Jabatan diisi sesuai dengan posisi pada struktur organisasi profesi tersebut
- Kolom bidang studi/bidang cukup jelas
- Kolom tahun diisi pada tahun sekarang jika anda masih aktif dalam organisasi tersebut, jika anda sudah tidak aktif isikan tahun
keluar di organisasi tersebut
12. PENGHARGAAN
Penghargaan diisi oleh PTK bagi yang pernah mendapatkan penghargaan baik dari pemerintah maupun swasta. Diisi berdasarkan
urutan dari tahun pertama sampai dengan terakhir
- Kolom jenis cukup jelas
- Kolom tahun cukup jelas
- Kolom instansi yang memberikan cukup jelas
- Kolom tingkat cukup jelas
13. KESEJAHTERAAN DAN PERLINDUNGAN
Kesejahteraan dan perlindungan diisi oleh PTK yang pernah atau masih memiliki perlindungan / kesejahteraan. Diisi berdasarkan
urutan dari tahun pertama sampai dengan terakhir
- Kolom jenis cukup jelas
- Kolom penyelenggara cukup jelas
- Kolom dari tahun diisi ketika mulai awal terdaftar
- Kolom sampai tahun diisi padasaat berakhirnya perlindungan/kesejahteraan tersebut, jika masih terdaftar abaikan
- Kolom masih aktif diisi dengan tanda silang (X)
14. BEASISWA
Beasiswa diisi oleh PTK yang pernah atau masih mendapatkan beasiswa. Diisi berdasarkan urutan dari tahun pertama sampai
dengan terakhir
- Kolom jenis cukup jelas
- Kolom Penyelenggara adalah instansi yang memberikan beasiswa tersebut
- Kolom Dari tahun adalah tahun pertama mendapatkan beasiswa
- Kolom Sampai tahun adalah berakhirnya pemberian beasiswa, jika masih menerima abaikan
- Kolom masih menerima diberi tanda silang (X)
15. PENULISAN BUKU
Penulisan buku diisi oleh PTK yang pernah menulis buku sampai buku tersebut diterbitkan/ dipublikasikan. Diisi berdasarkan
urutan dari tahun pertama sampai dengan terakhir
- Kolom Judul cukup jelas
- Kolom tahun adalah tahun penerbtan buku
- Kolom Penerbit cukup jelas
16. WORKSHOP/SEMINAR/LOKAKARYA
Workshop/seminar diisi oleh PTK yang pernah menulis mengikuti workshop/seminar/lokakarya. Diisi berdasarkan urutan dari tahun
pertama sampai dengan terakhir
- Kolom jenis diisi dengan sesuai tingkatan wilayah misal seminar lokal, daerah, nasional, internasional
- Peran diisi posisi PTK ketika mengikuti workhop/seminar/lokakarya, misal : peserta, ketua panitia, nara sumber dan lain-lain
17. STUDI BANDING
Studi banding diisi oleh PTK yang pernah mengikuti kegiatan studi banding. Diisi berdasarkan urutan dari tahun pertama sampai
dengan terakhir
18. DIKLAT
Diklat diisi oleh PTK yang pernah mengikuti kegiatan diklat baik swasta maupun pemerintah. Diisi berdasarkan urutan dari tahun
pertama sampai dengan terakhir
- Kolom jenis diklat diisi berdasarkan judul diklat, misal : diklat PAKEM, play therapy, kepegawaian, dan lain-lain
- Kolom Tahun diisi tahun penyelenggaraan diklat
- Kolom pola diisi jumlah jam diklat
- Kolom penyelenggara diisi berdasarkan instansi yang menyelenggarakan diklat tersebut
- Kolom Tingkatan diisi dengan jenjang pendidikan, yaitu tingkat : dasar, menengah atau lanjut
- Kolom bidang studi diisi sesuai tabel referensi bidang studi/mata pelajaran
19. TES BAHASA/UJI SERTIFIKASI KEAHLIAN
Tes bahasa/ uji sertifikasi diisi oleh PTK yang pernah mengikutites bahasa/uji sertifikasi. Diisi berdasarkan urutan dari tahun
pertama sampai dengan terakhir
- Kolom nama tes/uji cukup jelas
- Kolom bahasa/keahlian cukup jelas
- Kolom penyelenggara cukup jelas
- Kolom Tahun cukup jelas
- Kolom Skor atau nilai hasil ujian/tes cukup jelas
20. INFORMASI TUNJANGAN
PEDOMAN PENGISIAN FORMULIR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (F-PTK)
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR
4
Informasi tunjangan diisi oleh PTK yang mendapatkan tunjangan. Diisi berdasarkan urutan dari tahun pertama sampai dengan
terakhir
- Kolom jenis tunjangan misal tunjangan anak/istri/suami
- Kolom instansi yaitu instansi yang memberikan tunjangan
- Kolom Sumber dana misal : pemerintah, Bantuan, pinjaman luar negeri, dan lain-lain
- Kolom dari tahun cukup jelas
- Kolom sampai tahun diisi jika masa penerimaan tunjangan sudah selesai atau di abaikan jika masih menerima tunjangan
- Kolom nominal adalah besaran tunjangan yang diterima
21. LAIN-LAIN (CATATAN)
Diisi jika ada hal-hal penting, terkait dengan data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Kode Referensi PTK
Tabel referensi bidang studi/mata pelajaran : (jika belum tercantum lihat kode bidang studi dalam buku pedoman sertifikasi guru dalam
jabatan Tahun 2011)
No MataPelajaran/GuruKelas Kode No MataPelajaran/GuruKelas Kode
1 GuruKelas PAUD 020 12 BahasaInggris 157
2 GuruKelas SD/MI 027 13 PendidikanKewarganegaraan(PKn) 154
3 GuruKelas SDLB 800 14 Matematika 180
4
Pendidikan AgamaIslam
127 15 BahasaIndonesia 156
5
Pendidikan AgamaKatholik
130
16 TeknologiInformasidanKomunikasi
(TIK)
224
6
Pendidikan AgamaKristen
134 17 Keterampilan 227
7
Pendidikan AgamaHindu
137 18 IlmuPengetahuanAlam(IPA) 097
8
Pendidikan AgamaBudha
140 19 IlmuPengetahuanSosial (IPS) 100
9
Pendidikan AgamaKonghucu
143 20 Biologi 190
10
Seni Budaya
217 21 Fisika 184
11
PendidikanJasmanidanKeseha
tan
220 22 Kimia 187
No MataPelajaran/GuruKelas Kode No MataPelajaran/GuruKelas Kode
23 Ekonomi 210 30 BahasaPerancis 164
24 Sosiologi 214 31 BahasaJepang 170
25 Antropologi 215 32 BahasaMandarin 174
26 Geografi 207
33 KeterampilanKomputerdan
PengelolaanInformasi(KKPI)
330
27 Sejarah 204 34 Kewirausahaan 331
28 Bahasa Arab 167
35
BimbingandanKonseling(Konselor)
810
29 BahasaJerman 160
Tabel referensi Keahlian Laboratorium
Kode Keahlian Laboratorium Kode Keahlian Laboratorium Kode
Keahlian
Laboratorium
01 Laboratorium IPA 06 Laboratorium Komputer 36 Tata Busana
02 Laboratorium Fisika 30 Seni Rupa 99 Lainnya
03 Laboratorium Biologi 34 Tata Boga
05 Laboratorium Bahasa 35 Tata Kecantikan
Tabel referensi bidang kepengawasan
Bidang
Kepengawasan Kode Bidang Kepengawasan Kode Bidang Kepengawasan
TK/SD 06 Seni Budaya 11 Agrobisnia dan Agroteknologi
MIPA 07 Teknologi dan Rekayasa 12 Bisnis dan Manajemen
IPS 08 Teknologi Informasi dan 13 Bimbingan dan Konseling
Bahasa 09 Kesehatan 14 Pendidikan Luar Biasa
Olah Raga
Kesehatan 10
Seni, Kerajinan dan
Pariwisata 99 Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar