Sabtu, 30 Mei 2015

Mobil Berbahan Bakar Udara dari Indonesia

Mobil Berbahan Bakar Udara dari Indonesia. Mobil Berbahan Bakar Udara mungkin hal yang cukup unik dan bisa saja baru anda dengar untuk kali pertamanya, karena selama ini lumrahnya mobil itu berbahan bakar BBM atau yang sekarang lagi naik daun mobil berbahan bakar Listrik.

Dilihat dari namanya saja mungkin kita akan bertanya tanya, seperti apa wujud mobil berbahan bakar udara ini? dan apa mungkin bisa? Tapi faktanya Mobil Berhaban Bakar Udara ini memang benar ada dan yang membuatnya begitu spesial, mobil berbahan bakar udara ini ditemukan oleh orang Indonesia. Ialah dr Helmy Dja’far yang telah berhasil menciptakan mobil yang bisa dijalankan hanya dengan udara. Untuk melaksanakan niatnya tersebut pria berusia 45 tahun ini dibantu oleh tiga orang rekannya yang bernama Adang Mansyur,Muhammad Ikhsan dan Sumadji.



Mobil yang dimaksud adalah sebuah mobil yang menggunakan mesin hasil rancangan tim dr Helmy kemudian dipadukan dengan tabung oksigen, yang mana tabung oksigen inilah yang menjadi pensuply bahan bakar mesin tersebut. Meski bentuknya masih sebatas prototipe dan belum sempurna, kendaraan yang dibekali mesin berbahan bakar udara ini sudah dilakukan uji coba, dan terbukti meskipun mesin rancangan tim dr Helmy ini tergolong kecil tapi mampu membuat mobil yang berukuran cukup besar berjalan. Demikian pernyataan dr Helmy dilansir jp “Ini Masih dalam bentuk prototipe. Saya akui masih belum sempurna”.

Mesin yang ditambahkan pada mobil tersebut berukuran lebih kecil dibandingkan mesin mobil berbahan bakar BBM pada umunya, mesin ini berdimensi panjang, lebar dan tinggi 15 cm. Meski ukuran mesin jauh lebih kecil, tapi tenaga yang dihasilkannya mampu menggerakkan mobil berukuran besar, “Nanti ukuran mesin dibuat sebesar obat gosok” tambah dr Helmy.

Selain ukuran mesin yang kecil, mesin tersebut juga cukup hemat bahan bakar malah lebih hemat jika dibandingkan dengan mobil listrik. Dari hasil perhitungan yang diakukan tim dr Helmy diperoleh angka 10 kilometer jarak tempuh, hanya membutuhkan bahan bakar senilai Rp 100, lantaran bahan bakar udara tidak butuh charge hanya butuh compressor untuk mengisi tabung udaranya. Selain hemat bahn bakar, Mobil ini juga tidak mempunyai gas emisi seperti halnya mobil listrik, malah gas buang yang dihasilkan kendaraan ini mampu digunakan untuk mengisi aki atau di nano ampere untuk menyalakan AC mobil.

Menurut penuturan dr Helmy, biaya untuk riset mobil udara ini menghabiskan dana yang tidak bisa dibilang sedikit yaitu kurang lebih Rp 250 – 300 Juta. Namun jika mobil ini nantinya diproduksi masal, mungkin biasa produksi untuk satu unit mobil hanya membutuhkan Rp 20-25 juta karena mesin mobil ini relatif murah.  

sumber : http://forum.viva.co.id/aneh-dan-lucu/1638341-mobil-berbahan-bakar-udara-buatan-indonesia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar