Jumat, 01 Mei 2015

CARA IMPORT NILAI SEKOLAH DARI EKSCEL

Pekerjaan input nilai sekolah (NS) dengan Aplikasi Pendataan Nilai Sekolah (APNS) 2011 untuk kepentingan ujian nasional di setiap sekolah sedang marak-maraknya untuk SMA. Sebentar lagi lebih marak karena SMP belum melaksanakan ujian sekolah (US). Dan menjadi kesibukan ekstra kalau tidak tahu cara menginputnya.
Ok tulisan ini bukannya menulis ulang tapi memberikan penekanan untuk kita yang mendapatkan kesulitan dalam menginput nilai sekolah menggunakan APNS 2011 seperti yang pernah saya alami. Kesulitan saya sebelumnya adalah tidak bisa melakukan import US, yang semestinya bisa kita lakukan. Kalau tidak yah kudu menginput satu-satu dan ini justru beresiko terjadi kesalahan ketik. Kita sudah melakukan penghitungan nilai rata-rata rapor (40%) ditambah nilai US (60%). Hasil hitung tadi semestinya bisa kita lakukan import sehingga tidak mengerjakan secara manual.
Masalah-nya seperti yang saya tuliskan ditulisan sebelumnya bahwa APNS 2011 yang kami terima dari kantor dinas pendidikan saya, tidak diberikan user sebagai admin. Akibatnya yah menu import yang semestinya aktif menjadi tidak aktif. Gak tahu apa alasannya kami tidak diberikan peran sebagai admin padahal toh APNS 2011 yang kami gunakan itu secara offline.
Dari hasil diskusi di forumdata. infoun.info saya memperoleh penjelasan bahwa agar bisa aktif menu import pada APNS 2011 harus bertindak sebagai admin. Lalu saya disarankan untuk menghapus file AKSES.Y2K di folder DATAPRG terlbih dahulu. Selanjutnya kita sudah bisa login sebagai user ID: admin dan password: Admin.
    1. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan format isian NS seperti yang dipersyaratkan APNS 2011.
    2. Silahkan unduh formatnya atau bisa menggenerate sendiri. Masuk APNS -> Menu Isi Data -> Import Nilai -> Pilih Raya dan Sekolah -> klik Buat Format Excel.
    3. Buka file FORMAT NILAI US JENJANG “SEKOLAH”.xls
    4. Lakukan save as atau kopi saja sheet tersebut dan buka new file dan pastekan di file lembar kerja yang baru tadi.\
    5. Gantikan semua isi baris ke 2 sesuai dengan yang diminta nomor, nama peserta, program studi, NS tiap mata pelajaran. Jangan mengubah format header kolom yang ada.
    6. Nomor peserta, nama peserta dan program studinya bisa di salin (kopi) dari database yang diberi dari kabupaten atau hasil generate.
    7. Kopikan hasil hitung NS, jangan lupa paste special pilih value, buat nilai dengan 2 digit desimal.
    8. Simpan file tadi ke dalam folder US dengan format penamaan yang disarankan.
– pp-rr\US\U11_pprrsssj.XLS
pp  : Kode Propinsi
rr  : Kode Rayon
sss : Kode Sekolah
j   : Kode Jenjang (P=SMP/MTs, U=SMA/MA, K=SMK)
rr : Kode Rayon
  1. Sebelum mengimpor data NS pindahkan ke folder lain jika dalam folder US anda sudah berisi data dengan ekstension DBF.
  2. OK, selanjutnya lakukan impor file berformat excel yang kita buat tadi dengan menggunakan APNS (Nilai Sekolah 2011. EXE).
  3. Coba buka dari menu ISI DATA -> Nilai Sekolah (pilih propinsi, kabupaten dan sekolah kita).
  4. Selesai.
Bagaimana mencetak data NS hasil imporan tadi.
    1. Pindah ke menu Cetak -> Daftar Nilai -> Pilih rayon (kabupaten) -> Pilih sekolah kita (jangan lupa pilih poin sekolah/madrasah).
    2. Sesuaikan jenis printer dan klik Cetak.
  1. Selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar